Wednesday, October 17, 2012

Pemutihan Terumbu Karang Dipicu Pemanasan Global

Pemutihan Terumbu Karang Dipicu Pemanasan Global
 Oleh: Veri Yulianto
(Mahasiswa Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Jurusan Ilmu Kelautan Program Studi Oseanografi Universitas Diponegoro Semarang)

               Pemanasan global yang menjadi pemicu meningkatnya suhu permukaan air laut menyebabkan karang mengalami pemutihan alias bleaching.
"Pemutihan karang terjadi ketika zooxanthellae lepas dari permukaan karang,” kata Ocky Karna Radjasa, peneliti tamu di Eijkman Institute, dalam seminar Mollecular Approaches to Marine Biotechnology, di Jakarta.

Zooxanthellae adalah alga endosimbion yang berperan dalam memberikan warna pada karang.

Zooxanthellae memberikan karbohidrat pada polip karang baik dari hasil fotosintesis maupun makanan yang didapatnya dari karang.

Ocky menjelaskan peningkatan suhu di permukaan air laut berpengaruh pada proses infeksi karang.

“Proses infeksi yang dipicu oleh kenaikan suhu itu dimulai dari menempel kemudian penetrasi, memperbanyak diri, dan menghasilkan racun," kata profesor mikrobiologi kelautan Universitas Diponegoro itu.

“Kalau suhu naik, proses infeksi akan teraktivasi. Kalau suhu rendah, proses itu tidak terjadi,” tambahnya.

Bila suhu tidak lebih dari 28 derajat, masih kata Ocky, karang hanya melakukan pemutihan tanpa disertai lisis--pecahnya sel karena racun dan kondisi putih ini tidak akan bisa diperbaiki lagi.

Selain pemanasan global, penyakit pada karang juga dapat disebabkan oleh pengambilan ikan secara berlebihan (over fishing) dan polusi air.
Source : http://www.seruu.com/indonesiana/konservasi/artikel/pemutihan-terumbu-karang-dipicu-pemanasan-global

No comments:

Post a Comment