Saturday, February 23, 2013

ANALISIS JENIS GERAKAN KERAK BUMI


ANALISIS JENIS GERAKAN KERAK BUMI
Oleh: Veri Yulianto 
  (Mahasiswa Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Jurusan Ilmu Kelautan Program Studi Oseanografi Universitas Diponegoro Semarang)


PEMBAHASAN
1. Berdasarkan gambar 3 di atas,uraikan ada berapa gerak lempeng di bumi kita.
Jawab :
Divergen
Terjadi pada dua lempeng tektonik yang bergerak saling memberai (break apart). Ketika sebuah lempeng tektonik pecah, lapisan litosfe rmenipis dan terbelah, membentuk batas divergen. Pada lempeng samudera, proses ini menyebabkan pemekaran dasar laut (seafloor spreading). Sedangkan pada lempeng benua, proses ini menyebabkan terbentuknya lembah retakan (rift valley) akibat adanya celah antara kedua lempeng yang saling menjauh tersebut.
Konvergen
Terjadi apabila dua lempeng tektonik tertelan (consumed) kearah kerakbumi, yang mengakibatkan keduanya bergerak saling menumpu satu sama lain (one slip beneath another). Wilayah dimana suatu lempeng samudra terdorong kebawah lempeng benua atau lempeng samudera lain disebut dengan zona tunjaman (subduction zones). Di zona tunjaman inilah sering terjadi gempa. Pematang gunung-api (volcanic ridges) dan parit samudra (oceanic trenches) juga terbentuk di wilayah ini.
Transform
Terjadi bila dua lempeng tektonik bergerak saling menggelangsar (slide each other), yaitu bergerak sejajar namun berlawanan arah. Keduanya tidak saling memberai maupun saling menumpu. Batas transform ini juga dikenal sebagai sesaru bahan-bentuk (transform fault). Batas transform umumny berada di dasar laut, namun ada juga yang berada di daratan, salah satunya adalah Sesar San Andreas (San Andreas Fault) di California, USA. Sesar ini merupakan pertemuan antara Lempeng Amerika Utara yang bergerak arah tenggara, dengan Lempeng Pasifik yang bergerak kearah barat laut.
Batas konvergen ada 3 macam, yaitu
a.       Antara lempeng benua dengan lempeng samudera,
b.      Antara dua lempeng samudra,
c.       Antara dua lempeng benua.

2. Berdasarkan gambar 3 di atas, uraikan interaksi lempeng tersebut antara kerak mana dengan kerak mana.
Jawab :
a. Divergen
Pematang Tengah-Atlantik (Mid-Atlantic Ridge) adalah salah satu contoh divergensi yang paling terkenal, membujur dari utara keselatan di sepanjang Samudra Atlantik, membatasi Benua Eropa dan Afrika dengan Benua Amerika.
Pasifik Timur antara Pasifik dengan Nazca, Pasifik dengan Cocos, Nazca dengan Antartic, Indo-Australia dengan Antartic.
b. Konvergen
Konvergen terjadi antar alempeng pasifik dengan Amerika Selatan , Pasifik dengan Amerika Utara, Pasifik dengan Eurasia, Pasifik dengan Indo-Australia, Indo- Australia dengan Eurasia, India dengan Eurasia membentuk rangkaian Ring of Fire bumi ( Pegununganlingkarpasifik)
c. Transform
Interaksi Transform terjadi di atlantik ridges, pasifik timur ridges, antartik – pasifik ridges, pasifik-nazca ridges, pasifik-cocos ridges.

3. Uraikan sifat-sifat gerakan lempeng tersebut diatas.
Jawab :
a.       Antara lempeng Pasifik dengan lempeng Nazca saling menjauh menimbulkan East Pacific Rise.
b.      Jika lempeng benua dan lempeng smudera saling mendekat, umumnya lempeng samudera akan menujam ke bawah lempeng benua hingga jauh ke dalam lapisan astenosfer. Sepanjang jalur tekukan terdapat titik-titik hiposentrum gempa yang di kenal sebagai jalur Benioff.
c. Antara Lempeng Amerika Selatan dengan lempeng Nazca saling mendekat membentuk palung peru-cili dan pegununganan des.
d. Antara lempeng Indo-Australia dengan lempeng Eurasia saling mendekat membentuk palung Jawa.
e. Terkadang lempeng samudera ada juga yang mendekati lempeng benua dengan posisi tertekuk ke atas sehingga kerak samudra relatif berada di atas kerak benua. Gejala tubrukan seperti ini dikenal dengan tipe titian (tythian type) atau subduction.
f. Antara lempeng Amerika utara dengan lempeng pasifik saling bergeser membentuk sesar San Andreas
g. Pemekaran lempeng yang terdapat di atas benua disebut rifting, sedangkan pemekaran yang berada di atas samudera disebut spreading. Proses pemekaran ini menyebabkan lempeng bergerak saling menjauh.


 
Gambar 2.Potongan melintang tipe utama batas dan gerakan kerak bumi


     Gambar 3.Gambaran jenis dan sebaran gerakan kerak bumi

KESIMPULAN

  • Gerak lempeng dibumi kita ada 3 yaitu, Konvergen, Divergen dan Transform.
  • Batas konvergen ada 3 macam, yaitu antara lempeng benua dengan lempeng samudera, antara dua lempeng samudra, antara dua lempeng benua.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment