Monday, November 5, 2012

ODV dan SURFER



ODV dan SURFER
Oleh: Veri Yulianto 
  (Mahasiswa Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Jurusan Ilmu Kelautan Program Studi Oseanografi Universitas Diponegoro Semarang)

 BAB I
TUJUAN PRATIKUM
1.1  Mahasiswa dapat memahami prinsip kerja dan menggunakan perangkat lunak surfer serta ocean data view ( odv) .
1.2  Mahasiswa dapat mengolah dan menampilkan  data oseanografi seperti temperature, salinitas, densitas serta kedalaman , T/S diagram dan membuat Gris kontur dalam odv dan surfer.
 

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1 ODV(OCEAN DATA VIEW)
Ocean data View adalah suatu program komputer perangkat lunak yang dibuat oleh R. Schlitzer berfungsi untuk menampilkan hasil eksplorasi dari oseanografi dan tampilan geo-referensi, juga urutan data (grid data) secara interaktif. ODV dapat dijalankan pada sistem operasi Window (9X/NT/2000/XP), LINUX,UNIX, dan Mac OS X.
Kumpulan data ODV dan konfigurasi file ditampilan secara independent, maksudnya data pada ODV dapat dibentuk dan diubah antar sistem yang saling mendukung.  ODV dapat menampilkan secara Interaktif stasiun data untuk cakupan wilayah yang luas. kita dapat menghasilkan peta stasiun yang berkualitas tinggi dengan menggunakan ODV. fasilitas general property plot pada satu atau lebih stasiun, tampilan menyebar dari stasiun yang dipilih, properti track dari stasiun, properti distribusi general iso-surfaces.  ODV juga mendukung tampilan data skalar dan vektor dalam bentuk: titik berwarna,nilai data numeric,dan arah.
ODV di desain agar fleksible dan mudah untuk dipergunakan. ia selalu menampilkan peta dengan sarana stasiun pada layar yang dilengkapi dengan fasilitas bagi pengguna yaitu pilihan stasiun, section dan iso-surface.
ODV juga memiliki fasilitas kualitas Kontrol data yang baik, juga sangat berguna untuk pembelajaran dan pelatihan.

Ocean Data View merupakan program yang dibuat oleh Alfred Wegener Institute. Program ini digunakan untuk menampilkan data oseanografi dalam bentuk plot atau sebaran distribusi. program ini sangat mudah digunakan oleh mahasiswa yang berkecimpung di dunia kelautan.
Program ini dapat dijalankan pada operating system Windows, Macintosh, Linux, dan Unix.  program ini merupakan program gratis. Beberapa extension data yang dapat digunakan oleh ODV ialah
ODV memiliki beberapa basemap yang dapat digunakan.  Di antaranya:
  • Bakosurtanal
  • Baltic
  • BayOfBiscay
  • ETOPO2_GreatBarrierReef
  • ETOPO2_GulfOfMexico_Caribbean
  • ETOPO2_NorthEastPasific
  • GEBC01_SouthernOcean-Atl
  • GloblHR
  • GlbolR
  • IBCAO_ArticOcean
  • Kerguelen
  • MeditHR
  • NorthSea
saya sering menggunakan basemap ODV ini untuk menjadi basemap peta saya. ODV memiliki fitur untuk menyimpan gambar peta yang kita buat. itulah mengapa saya masih menggunakan software ini.
Sebenarnya masih banyak yang dapat dilakukan dengan menggunakan software ini dan saya pun masih belajar.

2.2 SURFER
Surfer adalah salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk pembuatan peta kontur dan pemodelan tiga dimensi yang berdasarkan pada grid. Perangkat lunak ini melakukan plotting data tabular XYZ tak beraturan menjadi lembar titik-titik segi empat (grid) yang beraturan. Grid adalah serangkaian garis vertikal dan horisontal yang dalam Surfer berbentuk segi empat dan digunakan sebagai dasar pembentuk kontur dan surface tiga dimensi. Garis vertikal dan horisontal ini memiliki titik-titik perpotongan. Pada titik perpotongan ini disimpan nilai Z yang berupa titik ketinggian atau kedalaman. Gridding merupakan prose pembentukan rangkaian nilai Z yang teratur dari sebuah data XYZ. Hasil dari proses gridding ini adalah file grid yang tersimpan pada file .grd.

Kegunaan dari Surfer adalah :Surfer memberikan kemudahan dalam pemuatan berbagai macam peta kontur atau model spasial 3 Dimensi. Sangat membantu dalam analisis volumetrik, Cut And Fill, slope, dan lain-lain. Memungkinkan pembuatan peta 3 dimensi dari suatu data tabular yang disusun dengan menggunakan worksheet seperti excel dan lain-lain.Surfer membantu dalam analisis kelerengan, ataupun morfologi lahan dari suatu foto udara atau citra satelit yang telah memiliki datum ketinggian. Aplikasi lain yang sering menggunakan surfer adalah analisis spasial untuk mitigasi bencana alam yang berkaitan dengan faktor topografi dan morfologi lahan. Surfer dapat memberikan gambaran secara spasial letak potensi bencana.
(Anonim,2011)
Pemetaan Kontur dan Pemodelan Spasial 3Dimensi 
Pemetaan Kontur dan Pemodelan Spasial 3 Dimensi ini berbasiskan pada software Surfer. Surfer adalah salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk pembuatan peta kontur dan pemodelan tiga dimensi dengan mendasarkan pada grid. Perangkat lunak ini melakukan plotting data tabular XYZ tak beraturan menjadi lembar titik-titik segi empat (grid) yang beraturan. Grid adalah serangkaian garis vertikal dan horisontal yang dalam surfer berbentuk segi empat dan digunakan sebagai dasar pembentuk kontur dan surface tiga dimensi.
Surfer tidak mensyaratkan perangkat keras ataupun sistem operasi yang tinggi. Oleh karena itu, surfer relatif mudah dalam aplikasinya. Surfer bekerja pada sistem operasi windows 9x dan windows NT.
Surfer memberikan kemudahan dalam pemuatan berbagai macam peta kontur atau model spasial 3 Dimensi. Sangat membantu dalam analisis volumetrik, cut and fill, slope, dan lain-lain. Memungkinkan pembuatan peta 3 dimensi dari suatu data tabular yang disusun dengan menggunakan worksheet seperti excel dan lain-lain
 Surfer membantu dalam analisis kelerengan, ataupun morfologi lahan dari suatu foto udara atau citra satelit yang telah memiliki datum ketinggian.
Aplikasi lain yang sering menggunakan surfer adalah analisis spasial untuk mitigasi bencana alam yang berkaitan dengan faktor topografi dan morfologi lahan. Surfer dapat memberikan gambaran secara spasial letak potensi bencana.

No comments:

Post a Comment